Thursday, March 1, 2012

Kantin Kejujuran di SMPN 16 Surabaya

Hai Sahabat SpenSixTeen, apa kabar? Di sini saya akan memposting tentang “Kantin Kejujuran di SMPN 16 Surabaya”. Sebetulnya Kantin Kejujuran ini sudah agak lama berdiri, tetapi saya sibuk dan jarang memposting, akhirnya sudah ditentukan saya saatnya memposting Kantin Kejujuran ini. Langsung aja yaa.

Kantin kejujuran merupakan upaya untuk mendidik akhlak siswa agar berperilaku jujur. Kantin kejujuran adalah kantin yang menjual segala kebutuhan anak didik baik berupa makanan, minuman serta segala perlengkapan siswa baik berupa alat tulis menulis maupun buku tulis. Semuanya dipajang dalam etalase kantin kejujuran tanpa ada penjaga,
sebagaimana lazimnya sebuah kantin yang kita kenal selama ini. Di dalam Kantin dipajang kotak uang, yang berguna untuk menampung hasil transaksi siswa. Bila ada kembalian maka mereka sendiri yang mengambil dan menghitung hasil kembaliannya. Di kantin ini di bangun kesadaran siswa untuk berbuat jujur tanpa harus diawasi oleh guru ataupun pengelola kantin. Tujuan utamanya adalah mengukur kejujuran anak didik sehingga dengan pengalaman mereka itu ia akan menjadi anggota masyarakat yang jujur kedepan.
Ini nih gambar-gambar Kantin Kejujuran Di SMPN 16 Surabaya
{Image removed}
Nah sudah jelas untuk Kantin Kejujuran? Kan banyak tuh sekarang kasus-kasus korupsi dari pejabat Negara yang nggak jelas, mungkin waktu jaman dia nggak ada Kantin Kejujuran kali yee. Lah ini nih salah satu fungsi Kantin Kejujuran, Menanamkan Kejujuran Pada Setiap Individu, agar besoknya kalau kita sudah bekerja, nggak ada lagi deh kasus korupsi dan Negara Menjadi Makmur dan Sejahtera. Bukan begitu semua? Pasti semuanya juga ingin dong Negaranya Maju. Ya nggak. Oleh karena itu, Jika ingin membeli di Kantin Kejujuran, “Bayarlah dengan Uang Pas”, “Jika Lebih Tolong Ikhlaskan, “Nggak Bayar Ya Jangan Ambil”. Jarang loh sekarang Sekolah di Surabaya yang ada Kantin Kejujurannya. Oleh karena itu kita juga mendukung, jangan Cuma mengambil dan mengambil. Ingat, bayarlah!
Perubahan besar dimulai dari Hal-hal yang kecil dan yang pasti didasari oleh kesadaran diri kita sendiri.
Okeh teman-teman, sampai jumpa lagi ya dalam posting saya yang akan datang. Bye-bye. ^_^